Kenali Waktu yang Tepat untuk Investasi Saham

by -121 views

Mulai berinvestasi mungkin terdengar mudah jika dalam konsep hanya menabung atau menyisihkan sebagian dana dingin saja. Seorang investor handal dunia pernah berkata, “Seseorang menikmati teduhnya pohon hari ini karena orang lain telah menanamnya bertahun-tahun yang lalu.” Pohon yang tumbuh subur sudah pasti berasal dari bibit yang ditanam. Inilah investasi saham, ibarat seperti menanam pohon yang terus dipupuk maka semakin bertumbuh subur dan berbuah. Maka kapan saat yang tepat untuk berinvestasi?

Beli saham pada tiap kuartal
Jika berniat untuk berbelanja saham secara rutin, pertimbangkan untuk membeli saham tiap kuartal atau sebanyak 4 kali dalam setahun. Di waktu-waktu tertentu, mulailah membeli saham yang terlihat murah dengan fundamental yang mendukung. Perusahaan banyak yang sudah merilis laporan keuangan pada bulan Mei, Agustus, November, dan Februari maka jika ingin mulai berinvestasi saham, bulan-bulan tersebut merupakan waktu-waktu yang terbilang ideal.

Pantau kondisi perusahaan incaran ketika dalam kondisi baik
Saat memutuskan untuk membeli saham pada suatu perusahaan, wajib untuk pastikan dahulu telah mengidentifikasinya dengan analisis fundamental sederhana. Cara ini dapat diperoleh dengan membaca berita-berita terkait ekonomi dan laporan pemantauan. Dari situ dapat dijadikan acuan untuk menilai apakah perusahaan incaran dalam kondisi stabil atau tidak. Cari tahu juga apakah perusahaan tersebut sedang mendapatkan laba atau tidak. Jangan lupa untuk melihat kinerja perusahaan sebelum memutuskan membeli saham suatu perusahaan. terakhir , pelajari juga rencana bisnis perusahaan, misalnya apakah perusahaan tersebut akan melakukan ekspansi, akuisisi, atau lainnya.

Kondisi perusahaan incaran dalam prospek yang baik
Setelah melakukan analisis fundamental dan mengetahui kondisi-kondisi dari perusahaan yang diincar, ada satu cara lagi yang bisa dilakukan yaitu analisis teknikal. Pilih dengan cara yang sederhana saja, untuk dapat menilai lebih jauh apakah saham yang dibeli memiliki harga jual serta harga beli yang baik. Amati pergerakan harga saham melalui grafik harga saham. Grafik ini dapat menjadi acuan pertimbangan dalam membuat keputusan beli ketika harga saham perusahaan yang Anda inginkan tengah dalam kondisi murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *